LEMBAR KERJA
SISWA
LKS
Kompetensi
Dasar:
3.1
Mendeskripsikan
muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya
dalam kehidupannya sehari-hari.
A.
Topik
: Muatan listrik
B.
Tujuan
: siswa dapat memahami konsep cara member muatan listrik pada benda netral
C.
Alat
dan bahan :
1.
Penggaris
plastic
2.
Batang
kaca
3.
Kain
wol ( flannel )
4.
Kain
sutera ( nilon )
5.
Serpihan
( sobekan )
D.
Langkah
kerja
1.
Letakan
kertas kecil-kecil diatas meja
2.
Dekatkan
penggaris plstik pada sobekan kertas tadi, amati apa yang terjadi
3.
Goskan
penggaris plastic pada kain wol, kemudian dekatkan pada sobekan kertas, amati
apa yang terjadi
4.
Dekatkan
batang kaca pada kain sutera kemudian dekatkan pada sobekan kertas, amati apa
yang terjadi
5.
Gosokan
batang kaca pada kain sutera kemudian dekatkan pada sobekan kertas, amati apa
yang terjadi
E.
Pertanyaan
:
1.
Apakah
penggaris plastic dan batang kaca sebelum digosok dapat menarik sobekan
kertas?. Mengapa?
2.
Apakah
penggaris plastic dan batang kaca setelah digosok dapat menarik sobekan
kertas?. Mengapa demikian?
3.
Penggaris
plastic yang digosok dengan kain wol menjadi bermuatan. Alasannya….
4.
Kaca
yang digosok dengan sutera menjadi bermuatan….. alasannya?
5.
Apa
kesimpulan dari percobaan ini?
Kunci Jawaban:
a.
Langkah
Kerja
2.
penggaris
tidak dapat menarik sobekan kertas
3.
penggaris
plastic dapat menarik sobekan kertas
4.
kaca
tidak dapat menarik sobekan kertas
5.
kaca
dapat menarik sobekan kertas
b.
pertanyaan
:
1.
tidak
dapat menarik sobekan kertas alasannya karena penggaris plastic dan kaca tidak
bermuatan listrik ( netral )
2.
dapat
menarik sobekan kertas alasannya karena penggaris dan kaca sudah bermuatan
listrik
3.
penggaris
bermuatan negative karena electron dari kain wol berpindah ke penggaris
4.
kaca
bermuattan positif karena electron dari kaca berpindah ke kain sutera
5.
benda
netral dapat diberi muatan dengan cara digosok
INSTRUMEN
PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI
TOPIK : MUATAN
LISTRIK
HARI/ TGL :
KELAS : IX/I
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
SKOR TOTAL
|
NILAI
|
KET
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
NO
|
ASEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
A
|
Kerja sama dalam kelompok (2 )
|
|
B
|
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )
|
|
C
|
Kreatifitas siswa bertanya dan menjawab
( 2 )
|
|
D
|
Memperoleh data percobaan (2 )
|
|
E
|
Membuat kesimpulan ( 2 )
|
|
Jumlah skor
(10 )
|
|
NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
10
LEMBARAN
KEGIATAN SISWA
LKS
Kompetensi
Dasar:
3.1
Mendeskripsikan
muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya
dalam kehidupannya sehari-hari.
A.
Topik
: muatan listrik
B.
Tujuan
: siswa dapat memahami konsep cara memberi muatan pada benda netral
C.
Alat
dan bahan :
D.
Pertanyaan
:
1.
Jelaskan
apa perbedaan antara benda I dengan benda II pada gambar A
2.
Bandingkan
jarak antara benda I dan II pada gambar B
3.
Bandingkan
muatan listrik benda II pada gambar A dan B
4.
Apa
jenis muatan listrik pada benda II pada gambar B
5.
Peristiwa
yang terjadi pada gambar B disebut apa
6.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan peristiwa tersebut
7.
Lengkapi
gambar berikut ini!
8.
Apa
kesimpulanmu!
KUNCI
JAWABAN
1.
Benda
I bermuatan positif dan benda II bersifat netral karena muatan positif 4 sama
banyaknya dengan muatan negative sebanyak 4.
2.
Pada
gambar A benda I terpisah dari benda II. Pada gambar B benda I menempel ke
benda II
3.
Pada
gambar A, muatan listrik positif dan negatif tersebar merata
4.
Pada
gambar B muatan listrik positif terpisah dari muatan listrik negative
5.
Disebut
induksi listrik ( imbas listrik ). Jadi nduksi listrik adala peristiwa
pemisahan uatan listrik pada benda netral jika didekati benda lain yang
bermuatan listrik
6.
Benda
II bermuatan negative ( berlawanan dengan benda I )
7.
Cara
memberikan muatan listrik pada benda netral yaitu dengan cara induksi
INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI
TOPIK
: MUATAN LISTRIK
HARI
/ TGL :
KELAS
/ SEMESTER : IX / I
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
SKOR TOTAL
|
NILAI
|
KET
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
NO
|
ASEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
A
|
Kerja sama dalam kelompok (2 )
|
|
B
|
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )
|
|
C
|
Kreatifitas siswabertanya dan
memnjawab ( 2 )
|
|
D
|
Memperoleh data percobaan (2 )
|
|
Jumlah skor (
8 )
|
|
NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
8
LEMBAR KEGIATAN SISWA
( LKS )
Kompetensi
Dasar :
3.1. Mendeskripsikan muatan listrik untuk
memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupannya
sehari-hari.
A.
Topik
: membuat elektroskop daun dari logam
B.
Tujuan
: membuat elektroskop dari logam untuk mengetahui suatu benda bermuatan listrik
atau netral
C.
Alat
dan bahan :
1.
Sebuah
botol ( misalnya botol selai )
2.
Seutas
kawat tembaga / kuningan
3.
Pelat
logam tipis / aluminium foil
4.
Isolasi
/ sebuah gabus yang telah diberi cairan lilin
D.
Langkah
kerja :
1.
Tusuklah
seutas kawat tembaga / kuningan menembus gabus
2.
Bentuk
ujung bawah kawat menyerupai huruf L
3.
Gantunglah
sepotong aluminium foil lipat sepertidaun disebelah bawah kawat tersebut
4.
Masuan
rangkaian alat tersebut ke dalam botol
5.
Usahakan
isolasi / gabus tersebut dapat berfungsi mencegah hilangnya muatan yang ada
dalm botol
6.
Setelah
selesai, ambil sebuah penggaris plstik dekatkan ke elektroskop batang dan amati
apa yang terjadi pada daunnya
7.
Gosok-gosokan
penggaris plastic ke rambut yang kering atau kain wol, kemudian dekatkan ke
elektroskop buatannmu. Amati apa yang terjadi.
INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI
TOPIK
: MEMBUAT ELEKTROSKOP DAUN DARI LOGAM
HARI
/ TGL :
KELAS
/ SEMESTER : IX / I
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
SKOR TOTAL
|
NILAI
|
KET
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
NO
|
ASEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
A
|
Kerja sama dalam kelompok (2 )
|
|
B
|
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )
|
|
C
|
Kreatifitas siswabertanya dan
memnjawab ( 2 )
|
|
D
|
Memperoleh data percobaan (2 )
|
|
Jumlah skor (
8 )
|
|
NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
8
LEMBAR KEGIATAN SISWA
( LKS )
Kompetensi
Dasar :
3.1. Mendeskripsikan muatan listrik untuk
memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupannya
sehari-hari.
A.
Topik
: interaksi antar muatan listrik
B.
Tujuan
: siswa dapat memahami konsep sifat interaksi dua muatan listrik jika saling
berdekata
C.
Alat
dan bahan :
1.
Dua
buah penggaris plastic
2.
Dua
buah batang kaca
3.
Benang
nilon secukupnya
4.
Statif
5.
Kain
wol / Flannel
6.
Kain
sutera / Nilon
D.
Langkah
krja :
1.
Gantung
sebuah penggaris plastic dengan benang
2.
Gosoklah
dengan kain wol pada penggaris plstik yang digantung dan yang tidak digantung
bersama-sama
3.
Dekatakan
ujung-ujung penggaris plastic yang tidak tergantung pada penggaris plastic yang
tergantung
4.
Gantungkan
sebuah batang kaca dengan benang
5.
Gosoklah
dengan kain sutera pada batang kaca yang digantung dan yang tidak digantung
secara bersama-sama
6.
Dekatkan
ujung-uung batang kaca yang tidak tergantung pada batang kaca yang tergantung.
Amati apa yang terjadi
7.
Ulangi
kerja pada no 2 dan 5, kemudian dekatkan ujung-ujungnya secara bergantian (
penggaris pastik yang tergantung didekati dengan kaca dan sebaliknya ). Amati
apa yang terjadi.
8.
Isilah
data hasil pengamatanmu ke dalam table berikut ini
Benda yang di
gantung
|
Benda yang
tidak di gantung
|
Ineraksi yang
terjadi
|
plastik
|
Plastic
|
|
kaca
|
Kaca
|
|
Plastic
|
Kaca
|
|
kaca
|
Plastic
|
|
|
|
|
E.
Pertanyaan
1.
Apa
jenis muatan pada kedua penggaris plastic ? jika keduanya didekatkan apa yang
terjadi?
2.
Apa
jenis muatan pada batang kaca? Jika keduanya didekatkan apa yang terjadi ?
3.
Apa
jenis muatan pada penggaris plastic adan batang kaca ?
4.
Apa
kesimpulanmu dari percobaan ini
KUNCI JAWABAN
A.
Tabel
Benda yang digantung
|
Benda yang tidak digantung
|
Interaksi yang terjadi
|
Plastic
|
Plastic
|
Tolak menolak
|
Kaca
|
Kaca
|
Tolak menolak
|
Plstik
|
Kaca
|
Tarik menarik
|
Kaca
|
Plastic
|
Tarik menarik
|
|
|
|
B.
Jawaban
pertanyaan
1.
Muatan
pada penggaris plstik adalah negatif dan negatif. Jika didekatkan saling tolak
menolak.
2.
Muatan
pada batang kaca adalah positif dan positif, jika didekatkan saling tolak
menolak
3.
Muatan
pada penggaris adalah negative dan batang kaca adalah positif jik didekatkan
saling tarik menarik
4.
Kesimpulannya
: mutan listrik sejenis jika didekatkan akan saling tolak menolak dan muatan
yang tidak sejenis didekatkan akan sling tarik menarik
INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI
TOPIK
: INTERAKSI ANTAR MUATAN LISTRIK
HARI
/ TGL :
KELAS
/ SEMESTER : IX / I
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
SKOR TOTAL
|
NILAI
|
KET
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
NO
|
ASEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
A
|
Kerja sama dalam kelompok ( 2 )
|
|
B
|
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )
|
|
C
|
Kreatifitas siswabertanya dan
memnjawab ( 2 )
|
|
D
|
Memperoleh data percobaan ( 2 )
|
|
E
|
Membuat Kesimpulan ( 2 )
|
|
Jumlah skor
(10 )
|
|
NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
10
LEMBARAN KEGIATAN SISWA
LKS
Kompetensi
Dasar :
3.3. mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan
arus listrik yang ditimbulkan serta penerpannya dalam kehidupannya sehari-hari.
A.
Topik
: membuat rangkaian listrik tertutup
B.
Tujuan
: siswa dapat memahami konsep arus listrik
C.
Alat
dan bahan :
1.
BATERAI
1,5 Volt
2.
Ohlam
3.
Kabel
4.
Sakelar
D.
Langkah
kerja :
1.
Buatlah
rangkaian seperti pada gambar di smping
2.
Jika
sakelar di-on-kan, apa yang terjadi?
3.
Jika
sakelar di-off-kan,apa yang terjadi?
4.
Apa
kesimpulanmu dari percobaan ini?
INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI
TOPIK
: MEMBUAT RANGKAIAN LISTRIK TERTUTUP
HARI
/ TGL :
KELAS
/ SEMESTER : IX / I
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
SKOR TOTAL
|
NILAI
|
KET
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
NO
|
ASEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
A
|
Kerja sama dalam kelompok (2 )
|
|
B
|
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )
|
|
C
|
Kreatifitas siswabertanya dan menjawab
( 2 )
|
|
D
|
Memperoleh data percobaan (2 )
|
|
Jumlah skor (
8 )
|
|
NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
8
LEMBARAN
KEGIATAN SISWA
LKS
Kompetensi
Dasar :
3.3.
Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkan serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
A.
Topik
: membuat sumber listrik sederhana
B.
Tujuan
: siswa dapat mengidentifikasi bahan yang dapat menghantarkan arus listrik
C.
Alat
dan bahan :
1.
Jeruk
3 buah
2.
Apel
4 buah
3.
Kentang
1 buah
4.
Kabel
dengan ujung berpenjepit + gerigi 4 buah
5.
Kawat
tembaga kaku sepanjang 10 cm
6.
Tang
pemotong kawat
7.
Volt
meter
D.
Langakah
kerja :
1.
Potonglah
kawat tembaga menjadi 2 bagian yang sama
2.
Sipakan
jeruk nipis lalu tusukan 2 kawat tembaga demgam jarak 1 cm sedalam 2,5 cm
3.
Rangkailah
volt meter dengan kabel-kabelnya. Aturlah pada posisi mengukur tegangan pada
skala yang terkecil
4.
Sambungkan
kabel berpenjepit gerigi ke kawat yang ditusukan pada jeruk dengan kabel volt
meter
5.
Amati
penunjukan angka pada volt meter, catat angkanya dalam table
6.
Ulangi
kegiatan 2-5 untuk1 buah apel, 1 buah kentang,1 buah jeruk dan 1 buah apel
7.
Isilah
data hasil pengamatan kedalam table berikut
No
|
Buah
|
Terbaca volt meter
|
Keterang
|
1
|
1 buah jeruk
|
|
|
2
|
1 buah apel
|
|
|
3
|
1 buah kentang
|
|
|
4
|
1 buh jeruk, 1 buah apel
|
|
|
8.
Apa kesimpulannmu dari percobaan ini?
INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI
TOPIK
: MEMBUAT RANGKAIAN LISTRIK TERTUTUP
HARI
/ TGL :
KELAS
/ SEMESTER : IX / I
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
SKOR TOTAL
|
NILAI
|
KET
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
NO
|
ASEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
A
|
Kerja sama dalam kelompok (2 )
|
|
B
|
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )
|
|
C
|
Kreatifitas siswabertanya dan
memnjawab ( 2 )
|
|
D
|
Memperoleh data percobaan (2 )
|
|
E
|
Membuat kesimpulan ( 2 )
|
|
Jumlah skor (
10 )
|
|
NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
10
LEMBARABN
KEGIATAN SISWA
LKS
Kompetensi
Dasar : 5.1 .Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhny
pada suatu benda yang dikenai gaya.
A.
Topik
: pengertian gaya
B.
Tujuan
: siswa dapat memahami konsep gaya
C.
Alat
dan bahan :
1.
Sebuah
balok kayu
2.
Sebuah
paku
3.
Seutas
banang
4.
Meja
D.
Langkah
Jerja :
1.
Letakan
sebuah balok kayu di atas meja
2.
Tancaplah
sebuah paku pada balok tersebut
3.
Ikatah
paku tersebut dengan menggunakan seutas benang, kemudian tariklah balok
tersebut, amati apa yang tejadi!!
4.
Kemudia
doronglah balok tersebut dan amati apa yang teradi?
5.
Mengapa
balok bias bergerak?
6.
Apa
kesimpulanmu dari percobaan ini?
INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI
TOPIK
: PENGERTIAN GAYA
HARI
/ TGL :
KELAS
/ SEMESTER : IX / I
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
SKOR TOTAL
|
NILAI
|
KET
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
NO
|
ASEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
A
|
Kerja sama dalam kelompok (2 )
|
|
B
|
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )
|
|
C
|
Kreatifitas siswabertanya dan
memnjawab ( 2 )
|
|
D
|
Memperoleh data percobaan (2 )
|
|
Jumlah skor (
8 )
|
|
NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
8
LEMBARABN
KEGIATAN SISWA
LKS
Kompetensi
Dasar : 5.1 .Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhny
pada suatu benda yang dikenai gaya.
A.
Topik
: akibat yang ditimbulkan oleh gaya
B.
Tujuan
: siswa dapat memahami akibat-akibat yang ditimbulkan oleh gaya
C.
Alat
dab bahan :
1.
Sebuah
mobil mainan
2.
Tanah
liat atau adonan kue
3.
Sebuah
sepeda
4.
2
buah kelereng
D.
Langkah
kerja :
1.
Letakan
mobil di atas lantai, kemudian dorong atau tarik mobil tersebut. Apa yang
terjadi?
2.
Buatlah
bentuk tanah liat menyerupai bola kecil kemudian dengan ujung jari tangan mu
tekan bola tadi , amati apa yang terajadi?
3.
Seorang
anak disuruh mengayuh sepeda kemudian salah seorang temannya mendorong dari
belakang, amati apa yangterjadi dengan kelajuan pada sepeda tersebut!!
Sebaliknya
sepeda yang sedang bergerak ditark kebelakang, amato apa yangtervjadi dengan
kelajun sepeda tersebut!!
4.
Mbil
sebuah kelereng dan gulirkan di atas lantai, kemudian gulirkan lagi kelereng
yang kedua yang berlawanan sehingga keduanya akan bertumbuhkan, amati arah
geraknya sebelum bertumbuhkan dan sesudah bertumbuhkan
5.
Apa
kesimpulanmu dari percibaan ini
INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI
TOPIK
: AKIBAT YANG DITIMBULKAN OLEH GAYA
HARI
/ TGL :
KELAS
/ SEMESTER : IX / I
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
SKOR TOTAL
|
NILAI
|
KET
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
NO
|
ASEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
A
|
Kerja sama dalam kelompok (2 )
|
|
B
|
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )
|
|
C
|
Kreatifitas siswabertanya dan
memnjawab ( 2 )
|
|
D
|
Memperoleh data percobaan (2 )
|
|
Jumlah skor (
8 )
|
|
NILAI = SKOR
PEROLEHAN X100
8
LEMBAR KEGIATAN SISWA
LKS
Kompetensi
Dasar : 5.1 .Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhny
pada suatu benda yang dikenai gaya.
A.
Topik:
jenis-jenis gaya
B.
Tujuan
: siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis gaya
C.
Alat
dan bahan :
1.
Sebuah
bola kaki dan bola volley
2.
Sebua
magnet dan paku-paku kecil
3.
Sebuah penggaris plstik dan kertas
4.
Sebuah
katapel dan dua buah batu kecil
D.
Langkah
kerja :
1.Dua orang anak
diminta untuk menendang bola kaki dan memukul bla volley. Amati apa yang
terjadi setelah bola dipukul dan ditendang!
Gaya
apa yang menyebabkan bola itu bergerak?
2.Dekatkan megnet
ke paku-paku kecil, amati apa yang terjadi
Gaya
apa yang menyebabkan paku-paku kecil tertarik dan menempel ke magnet?
3.Gosoklah
penggaris plastic ke rambut kering, kemudian dekatkan ke sobokan kertas, amati
apa yang terjadi!
Gaya
apa yang menyebabkan sobekan kertas tertarik mendekati penggaris?
4.Masukan batu
kecil ke dalam katapel kemudian tarik katapel dan lepaskan. Amati apa yang
terjadi!
5.Lemparkan sebuah
batu ke atas, lalu amati apa yang terjadi. Gaya apa yang menyebabkan batu
tersebut akan jatuh ke tanah?
6.Gulingkan bola
di atas tanah dan amati gerajk bola tersebut!
Gaya
apa yang menyebabkan gerak bola tersebut makin lama makin pelan dan akhirnya
berhenti?
7.Apa kesimpulan
dari semua kegiatan di atas?
INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI
TOPIK
: JENIS-JENIS GAYA
HARI
/ TGL :
KELAS
/ SEMESTER : IX / I
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
SKOR TOTAL
|
NILAI
|
KET
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
NO
|
ASEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
A
|
Kerja sama dalam kelompok (2 )
|
|
B
|
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )
|
|
C
|
Kreatifitas siswabertanya dan
memnjawab ( 2 )
|
|
D
|
Memperoleh data percobaan (2 )
|
|
Jumlah skor (
8 )
|
|
NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
8
thanks dapat digunakan sebagai referensi lks alternatif
BalasHapusSlot Machine Games - Lucky Club
BalasHapusWelcome to Slot Machine Games! Our portfolio is packed full luckyclub of fantastic games and the players who are looking for the best slots and casinos to play them in 2021. Come