Minggu, 09 Agustus 2015

LKS IPA


LEMBAR KERJA SISWA
LKS
           
Kompetensi Dasar:
3.1  Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupannya sehari-hari.

A.    Topik : Muatan listrik
B.     Tujuan : siswa dapat memahami konsep cara member muatan listrik pada benda netral
C.     Alat dan bahan :
1.      Penggaris plastic
2.      Batang kaca
3.      Kain wol ( flannel )
4.      Kain sutera ( nilon )
5.      Serpihan ( sobekan )
D.    Langkah kerja
1.      Letakan kertas kecil-kecil diatas meja
2.      Dekatkan penggaris plstik pada sobekan kertas tadi, amati apa yang terjadi
3.      Goskan penggaris plastic pada kain wol, kemudian dekatkan pada sobekan kertas, amati apa yang terjadi
4.      Dekatkan batang kaca pada kain sutera kemudian dekatkan pada sobekan kertas, amati apa yang terjadi
5.      Gosokan batang kaca pada kain sutera kemudian dekatkan pada sobekan kertas, amati apa yang terjadi
E.     Pertanyaan :
1.         Apakah penggaris plastic dan batang kaca sebelum digosok dapat menarik sobekan kertas?. Mengapa?
2.         Apakah penggaris plastic dan batang kaca setelah digosok dapat menarik sobekan kertas?. Mengapa demikian?
3.         Penggaris plastic yang digosok dengan kain wol menjadi bermuatan. Alasannya….
4.         Kaca yang digosok dengan sutera menjadi bermuatan….. alasannya?
5.         Apa kesimpulan dari percobaan ini?

Kunci Jawaban:
a.       Langkah Kerja
2.      penggaris tidak dapat menarik sobekan kertas
3.      penggaris plastic dapat menarik sobekan kertas
4.      kaca tidak dapat menarik sobekan kertas
5.      kaca dapat menarik sobekan kertas
b.      pertanyaan :
1.      tidak dapat menarik sobekan kertas alasannya karena penggaris plastic dan kaca tidak bermuatan listrik ( netral )
2.      dapat menarik sobekan kertas alasannya karena penggaris dan kaca sudah bermuatan listrik
3.      penggaris bermuatan negative karena electron dari kain wol berpindah ke penggaris
4.      kaca bermuattan positif karena electron dari kaca berpindah ke kain sutera
5.      benda netral dapat diberi muatan dengan cara digosok


INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI

TOPIK : MUATAN LISTRIK
HARI/ TGL :
KELAS : IX/I

NO
NAMA SISWA
SKOR
SKOR TOTAL
NILAI
KET
A
B
C
D
E
1









2









3









4









5











RUBRIK

NO
ASEK YANG DINILAI
SKOR
A
Kerja sama dalam kelompok (2 )

B
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )

C
Kreatifitas siswa bertanya dan menjawab ( 2 )

D
Memperoleh data percobaan (2 )

E
Membuat kesimpulan ( 2 )

Jumlah skor (10 )


NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
                                    10
                       


LEMBARAN KEGIATAN SISWA
LKS

Kompetensi Dasar:
3.1  Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupannya sehari-hari.

A.    Topik : muatan listrik
B.     Tujuan : siswa dapat memahami konsep cara memberi muatan pada benda netral
C.     Alat dan bahan :





D.    Pertanyaan :
1.      Jelaskan apa perbedaan antara benda I dengan benda II pada gambar A
2.      Bandingkan jarak antara benda I dan II pada gambar B
3.      Bandingkan muatan listrik benda II pada gambar A dan B
4.      Apa jenis muatan listrik pada benda II pada gambar B
5.      Peristiwa yang terjadi pada gambar B disebut apa
6.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan peristiwa tersebut
7.      Lengkapi gambar berikut ini!
8.      Apa kesimpulanmu!

KUNCI JAWABAN
1.      Benda I bermuatan positif dan benda II bersifat netral karena muatan positif 4 sama banyaknya dengan muatan negative sebanyak 4.
2.      Pada gambar A benda I terpisah dari benda II. Pada gambar B benda I menempel ke benda II
3.      Pada gambar A, muatan listrik positif dan negatif tersebar merata
4.      Pada gambar B muatan listrik positif terpisah dari muatan listrik negative
5.      Disebut induksi listrik ( imbas listrik ). Jadi nduksi listrik adala peristiwa pemisahan uatan listrik pada benda netral jika didekati benda lain yang bermuatan listrik
6.      Benda II bermuatan negative ( berlawanan dengan benda I )
7.      Cara memberikan muatan listrik pada benda netral yaitu dengan cara induksi


INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI

TOPIK : MUATAN LISTRIK
HARI / TGL :
KELAS / SEMESTER : IX / I

NO
NAMA SISWA
SKOR
SKOR TOTAL
NILAI
KET
A
B
C
D
E
1









2









3









4









5











RUBRIK

NO
ASEK YANG DINILAI
SKOR
A
Kerja sama dalam kelompok (2 )

B
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )

C
Kreatifitas siswabertanya dan memnjawab ( 2 )

D
Memperoleh data percobaan (2 )

Jumlah skor ( 8 )


NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
                                    8


LEMBAR KEGIATAN SISWA
 ( LKS )

Kompetensi Dasar :
 3.1. Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupannya sehari-hari.

A.    Topik : membuat elektroskop daun dari logam
B.     Tujuan : membuat elektroskop dari logam untuk mengetahui suatu benda bermuatan listrik atau netral
C.     Alat dan bahan :
1.      Sebuah botol ( misalnya botol selai )
2.      Seutas kawat tembaga / kuningan
3.      Pelat logam tipis / aluminium foil
4.      Isolasi / sebuah gabus yang telah diberi cairan lilin
D.    Langkah kerja :
1.      Tusuklah seutas kawat tembaga / kuningan menembus gabus
2.      Bentuk ujung bawah kawat menyerupai huruf L
3.      Gantunglah sepotong aluminium foil lipat sepertidaun disebelah bawah kawat tersebut
4.      Masuan rangkaian alat tersebut ke dalam botol
5.      Usahakan isolasi / gabus tersebut dapat berfungsi mencegah hilangnya muatan yang ada dalm botol
6.      Setelah selesai, ambil sebuah penggaris plstik dekatkan ke elektroskop batang dan amati apa yang terjadi pada daunnya
7.      Gosok-gosokan penggaris plastic ke rambut yang kering atau kain wol, kemudian dekatkan ke elektroskop buatannmu. Amati apa yang terjadi.


INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI

TOPIK : MEMBUAT ELEKTROSKOP DAUN DARI LOGAM
HARI / TGL :
KELAS / SEMESTER : IX / I

NO
NAMA SISWA
SKOR
SKOR TOTAL
NILAI
KET
A
B
C
D
E
1









2









3









4









5











RUBRIK

NO
ASEK YANG DINILAI
SKOR
A
Kerja sama dalam kelompok (2 )

B
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )

C
Kreatifitas siswabertanya dan memnjawab ( 2 )

D
Memperoleh data percobaan (2 )

Jumlah skor ( 8 )


NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
                                    8


LEMBAR KEGIATAN SISWA
 ( LKS )

Kompetensi Dasar :
 3.1. Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupannya sehari-hari.

A.    Topik : interaksi antar muatan listrik
B.     Tujuan : siswa dapat memahami konsep sifat interaksi dua muatan listrik jika saling berdekata
C.     Alat dan bahan :
1.      Dua buah penggaris plastic
2.      Dua buah batang kaca
3.      Benang nilon secukupnya
4.      Statif
5.      Kain wol / Flannel
6.      Kain sutera / Nilon
D.    Langkah krja :
1.      Gantung sebuah penggaris plastic dengan benang
2.      Gosoklah dengan kain wol pada penggaris plstik yang digantung dan yang tidak digantung bersama-sama
3.      Dekatakan ujung-ujung penggaris plastic yang tidak tergantung pada penggaris plastic yang tergantung
4.      Gantungkan sebuah batang kaca dengan benang
5.      Gosoklah dengan kain sutera pada batang kaca yang digantung dan yang tidak digantung secara bersama-sama
6.      Dekatkan ujung-uung batang kaca yang tidak tergantung pada batang kaca yang tergantung. Amati apa yang terjadi
7.      Ulangi kerja pada no 2 dan 5, kemudian dekatkan ujung-ujungnya secara bergantian ( penggaris pastik yang tergantung didekati dengan kaca dan sebaliknya ). Amati apa yang terjadi.
8.      Isilah data hasil pengamatanmu ke dalam table berikut ini

Benda yang di gantung
Benda yang tidak di gantung
Ineraksi yang terjadi
plastik
Plastic

kaca
Kaca

Plastic
Kaca

kaca
Plastic





E.     Pertanyaan     
1.      Apa jenis muatan pada kedua penggaris plastic ? jika keduanya didekatkan apa yang terjadi?
2.      Apa jenis muatan pada batang kaca? Jika keduanya didekatkan apa yang terjadi ?
3.      Apa jenis muatan pada penggaris plastic adan batang kaca ?
4.      Apa kesimpulanmu dari percobaan ini


KUNCI JAWABAN
A.    Tabel

Benda yang digantung
Benda yang tidak digantung
Interaksi yang terjadi
Plastic
Plastic
Tolak menolak
Kaca
Kaca
Tolak menolak
Plstik
Kaca
Tarik menarik
Kaca
Plastic
Tarik menarik




B.     Jawaban pertanyaan
1.      Muatan pada penggaris plstik adalah negatif dan negatif. Jika didekatkan saling tolak menolak.
2.      Muatan pada batang kaca adalah positif dan positif, jika didekatkan saling tolak menolak
3.      Muatan pada penggaris adalah negative dan batang kaca adalah positif jik didekatkan saling tarik menarik
4.      Kesimpulannya : mutan listrik sejenis jika didekatkan akan saling tolak menolak dan muatan yang tidak sejenis didekatkan akan sling tarik menarik



INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI

TOPIK : INTERAKSI ANTAR MUATAN LISTRIK
HARI / TGL :
KELAS / SEMESTER : IX / I

NO
NAMA SISWA
SKOR
SKOR TOTAL
NILAI
KET
A
B
C
D
E
1









2









3









4









5











RUBRIK

NO
ASEK YANG DINILAI
SKOR
A
Kerja sama dalam kelompok ( 2 )

B
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )

C
Kreatifitas siswabertanya dan memnjawab ( 2 )

D
Memperoleh data percobaan ( 2 )

E
Membuat Kesimpulan ( 2 )

Jumlah skor (10 )


NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
                                    10

LEMBARAN KEGIATAN SISWA
LKS
Kompetensi Dasar :
 3.3. mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkan serta penerpannya dalam kehidupannya sehari-hari.

A.    Topik : membuat rangkaian listrik tertutup
B.     Tujuan : siswa dapat memahami konsep arus listrik
C.     Alat dan bahan :
1.      BATERAI 1,5 Volt
2.      Ohlam
3.      Kabel
4.      Sakelar
D.    Langkah kerja :
1.      Buatlah rangkaian seperti pada gambar di smping
2.      Jika sakelar di-on-kan, apa yang terjadi?
3.      Jika sakelar di-off-kan,apa yang terjadi?
4.      Apa kesimpulanmu dari percobaan ini?


INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI

TOPIK : MEMBUAT RANGKAIAN LISTRIK TERTUTUP
HARI / TGL :
KELAS / SEMESTER : IX / I

NO
NAMA SISWA
SKOR
SKOR TOTAL
NILAI
KET
A
B
C
D
E
1









2









3









4









5











RUBRIK

NO
ASEK YANG DINILAI
SKOR
A
Kerja sama dalam kelompok (2 )

B
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )

C
Kreatifitas siswabertanya dan menjawab ( 2 )

D
Memperoleh data percobaan (2 )

Jumlah skor ( 8 )


NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
                                    8


LEMBARAN KEGIATAN SISWA
LKS
Kompetensi Dasar :
3.3. Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

A.    Topik : membuat sumber listrik sederhana
B.     Tujuan : siswa dapat mengidentifikasi bahan yang dapat menghantarkan arus listrik
C.     Alat dan bahan :
1.      Jeruk 3 buah
2.      Apel 4 buah
3.      Kentang 1 buah
4.      Kabel dengan ujung berpenjepit + gerigi 4 buah
5.      Kawat tembaga kaku sepanjang 10 cm
6.      Tang pemotong kawat
7.      Volt meter
D.    Langakah kerja :
1.      Potonglah kawat tembaga menjadi 2 bagian yang sama
2.      Sipakan jeruk nipis lalu tusukan 2 kawat tembaga demgam jarak 1 cm sedalam 2,5 cm
3.      Rangkailah volt meter dengan kabel-kabelnya. Aturlah pada posisi mengukur tegangan pada skala yang terkecil
4.      Sambungkan kabel berpenjepit gerigi ke kawat yang ditusukan pada jeruk dengan kabel volt meter
5.      Amati penunjukan angka pada volt meter, catat angkanya dalam table
6.      Ulangi kegiatan 2-5 untuk1 buah apel, 1 buah kentang,1 buah jeruk dan 1 buah apel
7.      Isilah data hasil pengamatan kedalam table berikut

No
Buah
Terbaca volt meter
Keterang
1
1 buah jeruk


2
1 buah apel


3
1 buah kentang


4
1 buh jeruk, 1 buah apel



8.       Apa kesimpulannmu dari percobaan ini?


INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI

TOPIK : MEMBUAT RANGKAIAN LISTRIK TERTUTUP
HARI / TGL :
KELAS / SEMESTER : IX / I

NO
NAMA SISWA
SKOR
SKOR TOTAL
NILAI
KET
A
B
C
D
E
1









2









3









4









5











RUBRIK

NO
ASEK YANG DINILAI
SKOR
A
Kerja sama dalam kelompok (2 )

B
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )

C
Kreatifitas siswabertanya dan memnjawab ( 2 )

D
Memperoleh data percobaan (2 )

E
Membuat kesimpulan ( 2 )

Jumlah skor ( 10 )


NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
                                    10

LEMBARABN KEGIATAN SISWA
LKS
Kompetensi Dasar : 5.1 .Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhny pada suatu benda yang dikenai gaya.

A.    Topik : pengertian gaya
B.     Tujuan : siswa dapat memahami konsep gaya
C.     Alat dan bahan :
1.      Sebuah balok kayu
2.      Sebuah paku
3.      Seutas banang
4.      Meja
D.    Langkah Jerja :
1.      Letakan sebuah balok kayu di atas meja
2.      Tancaplah sebuah paku pada balok tersebut
3.      Ikatah paku tersebut dengan menggunakan seutas benang, kemudian tariklah balok tersebut, amati apa yang tejadi!!
4.      Kemudia doronglah balok tersebut dan amati apa yang teradi?
5.      Mengapa balok bias bergerak?
6.      Apa kesimpulanmu dari percobaan ini?


INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI

TOPIK : PENGERTIAN GAYA
HARI / TGL :
KELAS / SEMESTER : IX / I

NO
NAMA SISWA
SKOR
SKOR TOTAL
NILAI
KET
A
B
C
D
E
1









2









3









4









5











RUBRIK

NO
ASEK YANG DINILAI
SKOR
A
Kerja sama dalam kelompok (2 )

B
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )

C
Kreatifitas siswabertanya dan memnjawab ( 2 )

D
Memperoleh data percobaan (2 )

Jumlah skor ( 8 )


NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
                                    8


LEMBARABN KEGIATAN SISWA
LKS
Kompetensi Dasar : 5.1 .Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhny pada suatu benda yang dikenai gaya.
A.    Topik : akibat yang ditimbulkan oleh gaya
B.     Tujuan : siswa dapat memahami akibat-akibat yang ditimbulkan oleh gaya
C.     Alat dab bahan :
1.      Sebuah mobil mainan
2.      Tanah liat atau adonan kue
3.      Sebuah sepeda
4.      2 buah kelereng
D.    Langkah kerja :
1.      Letakan mobil di atas lantai, kemudian dorong atau tarik mobil tersebut. Apa yang terjadi?
2.      Buatlah bentuk tanah liat menyerupai bola kecil kemudian dengan ujung jari tangan mu tekan bola tadi , amati apa yang terajadi?
3.      Seorang anak disuruh mengayuh sepeda kemudian salah seorang temannya mendorong dari belakang, amati apa yangterjadi dengan kelajuan pada sepeda tersebut!!
Sebaliknya sepeda yang sedang bergerak ditark kebelakang, amato apa yangtervjadi dengan kelajun sepeda tersebut!!
4.      Mbil sebuah kelereng dan gulirkan di atas lantai, kemudian gulirkan lagi kelereng yang kedua yang berlawanan sehingga keduanya akan bertumbuhkan, amati arah geraknya sebelum bertumbuhkan dan sesudah bertumbuhkan
5.      Apa kesimpulanmu dari percibaan ini



INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI

TOPIK : AKIBAT YANG DITIMBULKAN OLEH GAYA

HARI / TGL :
KELAS / SEMESTER : IX / I

NO
NAMA SISWA
SKOR
SKOR TOTAL
NILAI
KET
A
B
C
D
E
1









2









3









4









5











RUBRIK

NO
ASEK YANG DINILAI
SKOR
A
Kerja sama dalam kelompok (2 )

B
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )

C
Kreatifitas siswabertanya dan memnjawab ( 2 )

D
Memperoleh data percobaan (2 )

Jumlah skor ( 8 )


NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
                                    8


LEMBAR KEGIATAN SISWA
LKS

Kompetensi Dasar : 5.1 .Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhny pada suatu benda yang dikenai gaya.

A.    Topik: jenis-jenis gaya
B.     Tujuan : siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis gaya
C.     Alat dan bahan :
1.      Sebuah bola kaki dan bola volley
2.      Sebua magnet dan paku-paku kecil
3.       Sebuah penggaris plstik dan kertas
4.      Sebuah katapel dan dua buah batu kecil
D.    Langkah kerja :
1.Dua orang anak diminta untuk menendang bola kaki dan memukul bla volley. Amati apa yang terjadi setelah bola dipukul dan ditendang!
Gaya apa yang menyebabkan bola itu bergerak?
2.Dekatkan megnet ke paku-paku kecil, amati apa yang terjadi
Gaya apa yang menyebabkan paku-paku kecil tertarik dan menempel ke magnet?
3.Gosoklah penggaris plastic ke rambut kering, kemudian dekatkan ke sobokan kertas, amati apa yang terjadi!
Gaya apa yang menyebabkan sobekan kertas tertarik mendekati penggaris?
4.Masukan batu kecil ke dalam katapel kemudian tarik katapel dan lepaskan. Amati apa yang terjadi!
5.Lemparkan sebuah batu ke atas, lalu amati apa yang terjadi. Gaya apa yang menyebabkan batu tersebut akan jatuh ke tanah?
6.Gulingkan bola di atas tanah dan amati gerajk bola tersebut!
Gaya apa yang menyebabkan gerak bola tersebut makin lama makin pelan dan akhirnya berhenti?
7.Apa kesimpulan dari semua kegiatan di atas?


INSTRUMEN PENILAIAN LEMBAR OBSERVASI

TOPIK : JENIS-JENIS GAYA
HARI / TGL :
KELAS / SEMESTER : IX / I

NO
NAMA SISWA
SKOR
SKOR TOTAL
NILAI
KET
A
B
C
D
E
1









2









3









4









5











RUBRIK

NO
ASEK YANG DINILAI
SKOR
A
Kerja sama dalam kelompok (2 )

B
Kreatifitas siswa dalam kelompok ( 2 )

C
Kreatifitas siswabertanya dan memnjawab ( 2 )

D
Memperoleh data percobaan (2 )

Jumlah skor ( 8 )


NILAI = SKOR PEROLEHAN X100
                                    8

2 komentar:

  1. thanks dapat digunakan sebagai referensi lks alternatif

    BalasHapus
  2. Slot Machine Games - Lucky Club
    Welcome to Slot Machine Games! Our portfolio is packed full luckyclub of fantastic games and the players who are looking for the best slots and casinos to play them in 2021. Come

    BalasHapus